Minggu, 19 September 2010

Perkembangan Kereta Api Argo Lawu


gambar via kereta-api-mania

Setelah sukses dengan kereta ekonomi AC, kembali PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan meluncurkan kereta baru dengan fasilitas WC/toilet yang ramah lingkungan. Rencananya toilet tersebut berada pada KA Argo Lawu relasi Gambir-Solo, dengan perjalanan perdana berangkat dari stasun Gambir Jakarta pukul 21.05, di hari minggu tanggal 12 September 2010 ini.

Wc/toilet ramah lingkungan artinya toliet tersebut memiliki bak penampungan sehingga kotoran tidak langsung jatuh ke jalan rel. Di dalam bak tersebut diisi air yang dicampur dengan bahan microba sebagai bahan penghancur dan penetralisir


Kotoran sehingga kotoran yang dibuang akan berbentuk air yang tidak mencemarkan lingkungan khususnya di jalan rel. Agar toilet ini berfungsi maksimal maka Bak penampungan diganti setiap 3 (tiga) bulan sekali.

Menurut Dirut PT KAI Ignasius Jonan, PT KA selalu berusaha memperbaiki mutu pelayanan tidak hanya kepada penumpang tetapi juga kepada lingkungan sesuai dengan misi kereta api yakni untuk memberikan nilai tambah yang tinggi bagi kelestarian lingkungan. “Ke depannya nanti diharapkan semua toilet yang ada di kereta api akan diganti dengan sistem seperti ini yang ramah lingkungan” ujar Jonan.

Di samping fasilitas toilet yang ramah lingkungan, KA Argo Lawu tersebut menggunakan rangkaian KA baru produksi PT INKA sebanyak 8 kereta penumpang dan 1 kereta makan. Direncakan KA baru ini selanjutnya akan digunakan sebagai KA Argo Dwipangga relasi Gambir- Solo PP.

via PT KAI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar